10 Jenis-jenis Batu Permata Termahal Harga Selangit

Batu permata termahal – Manusia memiliki sejarah cukup erat terkait dengan penggunaan perhiasan, mulai dari kerang, tulang, dan lain sebagainya. Terkait hal itu, salah satu yang sedang naik daun adalah penggunaan batu permata alam untuk mempercantik diri.

Tentu saja butuh ratusan  bahkan ribuan tahun agar batu permata dapat terbentuk oleh alam yang kemudian ditemukan melalui penambangan untuk selanjutnya diperjualbelikan. Nilai batu mulia ini sendiri tergantung dari banyak faktor, termasuk kelangkaan, kualitas, warna, dan lain sebagainya.

Nah khusus untuk pecinta batu mulia, tim redaksi tonny.my.id telah menyiapkan daftar batu permata termahal yang pernah ada di muka bumi berikut ini:

Jenis Batu Permata Termahal di Dunia

  • Tanzanite
Batu Tanzanite

Batu permata termahal yang pertama adalah Tanzanite yang memiliki warna biru keunguan dan hanya ditemukan di gunung Kilimanjaro. Anda yang tertarik memiliki batu permata indah ini harus rela merogoh kocek sebesar $600-$1000 per karat.
  • Taaffeite
Batu Taaffeite

Taaffeite (dilafalkan dengan “tarfite”) berasal dari nama seorang gemologist asal Australia bernama Richard Taaffe yang pertama kali menemukan bauan ini di tahun 1945. Batu permata termahal ini hanya dapat ditemukan di skitar Sri Lanja dan Tanzania dengan beberapa warna, mulai dari tak berwarna (colourless), lavender, hingga mauve dan violet. Batuan ini cukup langka sehingga Anda harus membayar sekitar $1500-$2500 per karat untuk mendapatkannya.
  • Black Opal
Batu Black Opal

Salah satu batu permata termahal yang menjadi buruan adalah varian batu Opal bernama Black Opal yang menjadi simbol batuan mulia Australia. Batu dengan dasaran warna gelap ini biasanya memiliki gradasi warna menarik, termasuk warna api yang menyala. Anda yang tertarik bisa mendapatkannya dengan merogoh kocek sebesar $2300 per karat.
  • Benitoite
Batu Benitoite

Ditemukan dekat sungai San Benito di California, batu permata termahal ini memiliki warna biru hingga keunguan. Dibawah sinar UV, batuan yang ditemukan sekitar tahun 1907 ini akan memiliki warna biru cerah yang brilian. Jika ingin menjadikannya sebagai koleksi perhiasan, Anda harus terlebih dahulu mengeluarkan uang sebesar $3000-$4000 per karat.
  • Red Beryl
Batu Red Beryl

Batu permata termahal ini juga memiliki nama Scarlet Emerald atau Bixbite dan hanya ditemukan di Utah serta New Mexico. Beberapa orang menyebutkan bahwa permata ini 1000 kali lebih berharga dibandingkan emas dengan estimasi nilai beli mencapai $2000 per karat.
  • Alexandrite
Batu Alexandrite

Alexandrit adalah batuan yang ditemukan di Australia dan diberi nama sesuai dengan nama kaisar Rusia, Tsar Alexander II. Batu permata termahal ini memiliki warna berubah-ubah tergantung sinar yang mengenainya, mulai dari merah hingga hijau. Anda bisa membawa pulang batu permata termahal ini dengan membayar $12000.
  •  Jadeite
Batu Jadeite

Jadeite sebenarnya adalah batu permata semi-precious yang juga dikenal sebagai jade atau batu giok. Harga batu ini sebenarnya bervariasi, namun yang paling mahal adalah yang memiliki warna hijau gelap dan terang. Rekor termahal penjualan batuan ini adalah $27400 berbentuk kalung yang terbuat dari 27 batu Jadeite.
  •  Musgravite
Batu Musgravite

Batu permata termahal ini memiliki warna hijau keabuan hingga ungu yang pertama kali ditemukan di daerah Australia Selatan. Meski juga ditemukan di beberapa daerah lain, namun tetap saja cukup sulit untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, Anda harus mengeluarkan sekitar $35000 per karat untuk mendapatkannya.
  •  Painite
Batu Painite

Ahli mineral bernama Arthur C.D Paine menemukan batu berwarna kecokelatan pada tahun 1950an yang nantinya menjadi salah satu batu permata termahal sekaligus terlangka di dunia. Selama beberapa dekade, hanya dua specimen batu permata ini yang pernah diketahui sehingga makin melambungkan namanya. Jika Anda cukup beruntung menemukannya, bersiaplah mengeluarkan uang sebsar $50.000-$60.000 per karat untuk membawanya pulang.
  •  Pink Star Diamond
Batu Pink Star Diamond

Pink Star Diamond merupakan berlian yang memiliki warna pink terang yang ditemukan pada tahun 1999 di sebuah area tambang di Afrika Selatan. Berlian yang memiliki berat total 59.6 karat ini terjual dengan rekor mencapai $83juta yang menajdikannya sebagai batu permata termahal yang pernah dibeli orang.

Hmmm, batu permata termahal tadi memiliki nilai jual dan beli yang cukup fantastis ‘kan? Jika memang menginginkan salah satu diantaranya, yuk segera sisihkan uang dan menabung dari sekarang.

Pencarian terkait:

batu permata asli, batu permata dan khasiatnya, batu permata termahal di indonesia, jenis batu permata, batu permata ajaib, batu permata termahal saat ini, batu permata termahal dunia, batu permata termahal di dunia 2015
(X) 2 kali untuk menutup
Terbaru: Wallpaper Motogp Full HD Terbaru 2017
Dukung kami dengan like fanspage ×